Situs Resmi Yayasan Salafiyah Kajen

JANGAN TAKUT DAN MALU SEKOLAH DI MA. SALAFIYAH KAJEN PATI

 

Dulu orang berfikir bahwa sekolah dimadrasah hanya akan mempelajari ilmu agama saja dan jenjang pendidikan selanjutnya juga akan di perguruan tinggi agama atau dengan fakultas/jurusan agama. Pikiran itu adalah SALAH BESAR, sebab madrasah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai kesempatan dan diperlakukan sama dengan sekolah umum setingkatnya. Lulusan madrasah bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi dimana saja dengan jurusan apa saja. Tak harus dijurusan keagamaan tapi bisa melanjutkan ke jurusan ilmu-ilmu umum dan alumni madrasah juga akan lebih siap melanjutkan kepondok pesantren baik yang fokus kekitab maupun ke Al Qur’an, adapun alumni (MA. Salafiyah) yang tidak melanjutkan kejenjang lebih tinggi telah dibekali dengan berbagai ketrampilan seperti bagi anak putri dengan ketrampilan tata boga dan anak putra dengan ketrampilan desain grafis sehingga bisa dimanfaatkan dalam dunia kerja maupun kebutuhan sehari-hari.
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang bisa dibilang komplit dalam keilmuan, sebab dalam melakukan fungsinya sebagai lembaga pendidikan akan selalu memperhatikan soal Akhlak dan ilmu pengetahuan, sehingga Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam Akhlakul Karimah dan kompetensi Akademik maupun non akademik yang dijiwai nilai-nilai karakter religius.
Guna mencapai visi dan Misi MA. Salafiyah Kajen Pati selalu melakukan langkah-langkah Progres, baik dikegiatan intra maupun ekstra. Didalam tahun ajaran 2017/2018 melakukan penambahan program sebagai hasil evaluasi ditahun ajaran sebelumnya dengan tetap membuka dua jurusan IPA dan IPS.
Adapun Program/Jurusan IPS di MA Salafiyah Kajen Pati dibagi 3 (tiga) kosentrasi, yakni: IPS 1, IPS 2 dan IPS 3 yang mempunyai ciri dan kosentrasi berbeda.
Didalam IPS 1 yang konsentrasinya ke ilmu sosial dengan lebih bisa menguasai ilmu percakapan Muhadatsa dan nulis arab pegon dengan tetap mempelajari mapel muatan lokal kemenag dan muatan lokal yayasan.
Didalam IPS2 yang berkonsentrasi ke kitab kuning (classic) sehingga harapanya selain menguasai mapel sosial juga lebih unggul dalam penguasaan kitab kuning.
Sedangkan IPS 3 yang berkonsentrasi ke tahfidzul qur’an. Diharapkan menguasai mapel sosial juga dan unggul dalam hafalan Al Qur’an.
Adapun untuk jurusan IPA MA Salafiyah Kajen Pati akan yang akan menampilkan ciri khas nya, yaitu : IPA 1(unggulan) dan IPA 2 yang pada prinsipnya adalah sama-sama mempelajari ilmu eksak dan tetap tidak menghilangkann muatan lokal ataupun ilmu agama dan kitab, akan tetapi ada sedikit perbedanya, yakni:
IPA 1 akan lebih berkosentrasi pada mapel eksak dengan porsi yang agak banyak dan juga akan dibekali materi tambahan conversation. Maka harapannya selain cakap dengan mapel eksak dan terbiasa belajar soal2 pengayaan, juga cakap dalam berbahasa inggris, baik lisan maupun tulisan.
Adapun IPA 2 menguasai ilmu eksak sama denga sekolah umum dengan lebih bisa menguasai ilmu percakapan bahasa Inggris atau nulis arab pegon dengan tetap mempelajari mapel muatan lokal kemenag dan muatan lokal yayasan.
Selain itu, MA. Salafiyah Kajen Pati juga memperhatikan pengembangan minat dan bakat para peserta didiknya dengan memfasilitasi dan melakukan pembimbingan dibeberapa kegiatan ektra, yakni:
SAC (Salafiyah Arabic Club), SEC (Salafiyah English Club), Seni Teater, Seni Rebana, seni Bela diri, Seni Kaligrafi MarchingBand, bimbingan OSN/KSM, KIR, Jurnalistik, Tilawah & Tahfidz Al Qur’an, Paduan Suara, Sinematografi, Pramuka, olahraga (tenis meja, bulutangkis, takraw, sepak bola), Qiro’atul Qur’an, Qiro’atul Kutub dan Praktek Ibadah.

Jadi mulai sekarang jangan TAKUT ATAUPUN MALU SEKOLAH DI MADRASAH

 

Leave a comment

Your email address will not be published.