Situs Resmi Yayasan Salafiyah Kajen

MATSAMA Santri MTs Salafiyah Kajen Sistem Zoom dan Youtube

PPKM tak menghalangi MTs Salafiyah untuk melaksanakan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Kegiatan tersebut telah dilaksanakan mulai tanggal 11-17 Juli 2021. Sebanyak 516 peserta mengikuti kegiatan perkenalan sekolah dengan antusias. Zoom dan youtube menjadi pilihan media yang digunakan untuk MATSAMA kali ini, dikarenakan PPKM.

Di hari pertama, MATSAMA dibuka oleh para wali kelas masing-masing melalui grub kelas yang telah dibentuk, mulai dari kelas A-N. Dilanjutkan hari kedua, yakni sambutan dari Kepala Madrasah dan pengarahan MATSAMA, kepala madrasah MTs Salafiyah, Bpk. KH. Ahmad Ruman Masyfu’, S.H, M.Si mengatakan bahwa meskipun dalam masa pandemi, santri salafiyah tetap harus semangat dalam belajar dan menjaga kesehatan.

Pada hari ketiga, materi tentang Salafiyah dari masa ke masa menjadi tema pertama yang disampaikan oleh Waka Humas yakni Bpk Miftakhurohim, S.S. Pada tema ini, para santri disajikan gambaran salafiyah dari awal berdiri sampai sekarang dan beragam prestasi yang telah didapatkan MTs Salafiyah.  Disusul kemudian materi dengan tema struktur kurikulum dan model pembelajaran oleh Bpk Ahmad Syaerozi, M.Ag selaku Waka Kurikulum. Diharapkan, dengan mengetahui struktur kurikulum dan model pembelajaran yang akan mereka hadapi nantinya, para santri dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi ketika masuk pembelajaran nanti.

Di hari keempat, materi tentang Kegiatan organisasi kesiswaan dijabarkan oleh Waka Kesiswaan, Bpk Ade Widodo, S.Pd. Bermacam ekstrakulikuler dipaparkan dengan sangat jelas. Setelah menyimak, anak-anak diminta untuk mengisi aplikasi google form untuk mengetahui minat dan bakat masing-masing. Kemudian materi selanjutnya yakni tata tertib siswa yang disampaikan oleh salah satu tim BK,  Bpk Nur Muhammad Luthfi Faiz, S.Sos .

Pada hari kelima, materi program tahfidz Al-Qur’an, Qiro’atul Kitab, serta Pengembangan Bahasa dijabarkan. Target-target yang harus dicapai para santri  juga turut disampaikan. Di hari terakhir, materi tentang Adab Santri dalam menuntut ilmu disajikan oleh Ustadz Musyafa’.

(Syakila/At-Tatsqif)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *