Situs Resmi Yayasan Salafiyah Kajen

STUDI RIHLAH MTs SALAFIYAH TAHUN 2022

Baru-baru ini MTs Salafiyah melaksanakan kegiatan Studi Rihlah, setelah dua tahun lalu sempat tidak terlaksana, disebabkan oleh pandemi covid-19 yang masih menjalar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam pengertian tekstual, kata ‘studi rihlah’ mempunyai pengertian pembelajaran di luar. Bukan hanya senang-senang saja, namun dalam praktiknya juga dilaksanakan pembelajaran. Seperti penelitian, identifikasi tempat-tempat yang dikunjungi, hingga bermuara penulisan karya tulis ilmiah.

Kegiatan Studi Rihlah (kemudian disingkat SR) yang dilaksanakan selama empat hari, yaitu mulai 12 sampai dengan 15 Maret 2022 tersebut mengunjungi beberapa tempat di wilayah Bandung dan Jakarta. Wilayah-wilayah yang dituju tersebut dipilih dengan pertimbangan mempunyai nilai edukasi terhadap siswa-siswi MTs Salafiyah. Antara lain, Gunung Tangkuban Perahu, Puspa IPTEK Sundial, Gelanggang Samudra, dan Dunua Fantasi Ancol. Kemudian, untuk kegiatan religi dilaksanakan di makam Sunan Kalijaga Demak, dan makam Sunan Gunung Jati Cirebon.

Kepala MTs Salafiyah Kajen, Kiai Ahmad Ruman Masyfu’, SH., M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa acara yang diikuti kelas VIII ini harus dimanfaatkan dengan baik, oleh karena kakak kelas yang sekarang menempati kelas 9 tidak merasakan SR, sebab pandemi masih berlangsung. “Selama pelaksanaan SR, Anak-anak harus menjaga nama baik almamater, akhlaq, dan jaga diri masing-masing. Jangan sampai seperti di lingkungan sendiri. Kemudian, nanti selama acara, manfaatkan betul waktu. Sebab nanti setelah pulang, kalian harus membuat produk berupa karya tulis ilmiah, yang nantinya sebagai syarat mendapatkan nilai ujian semester genap. Taati apa yang disampaikan oleh semua pendamping, karena beliaulah yang akan membimbingi kalian sampai selesainya karya tulis ilmiah itu.”, jelasnya.

Acara semacam ini juga diharapkan menjadi motivasi anak-anak untuk menuangkan ide-ide kreatif yang didapatkan selama acara. Kegiatan ilmiah ini akan menjadi kebiasaan ilmiah, untuk menyongsong jiwa peneliti pelajar. Sebab, ke depan siswa madrasah diharapkan mampu menyusun proposal penelitian, seperti perlombaan MYRES tahun 2022. []

Foto: Ziarah makam Sunan Gunung Jati
Foto: Kegiatan Identifikasi

Leave a comment

Your email address will not be published.