Situs Resmi Yayasan Salafiyah Kajen

Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MA Salafiyah Kajen Mengikuti Diskusi Panel

Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MA Salafiyah Kajen Mengikuti Diskusi Panel

Hari Selasa (30/11) MA Salafiyah Kajen Pati menggelar diskusi panel. Acara dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB bertempat di Aula dengan mengambil tema revitalisasi peningkatan SDM tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan madrasah unggulan di MA Salafiyah Kajen Pati yang telah diikuti oleh 130 peserta berasal dari seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MA Salafiyah.

Dalam acara tersebut, menghadirkan H. Ruhani selaku kasi Penmad Kemenag Kabupaten Pati dan Ulin Nuha selaku ketua umum yayasan Salafiyah sebagai narasumber dengan tujuan mampu memberi wawasan dan motivasi yang baru buat seluruh peserta yang hadir.

H. Ruhani memaparkan Materi tentang pentingnya revitalisasi peningkatan SDM guru di setiap lembaga pendidikan. “Revitalisasi peningkatan SDM guru sangatlah penting, ibarat bunga, mereka tidak boleh layu, harus mendapatkan nutrisi dan suplemen agar mampu berkembang dengan baik. Guru pun demikian, kualitas, kompetensi, profesionalisme guru masih harus terus ditingkatkan. Guru harus adaptif dengan era sekarang ini dan guru harus mampu menjadi idola bagi peserta didiknya. Saat guru mampu menjadi idola, dia akan lebih mudah menginternalisasi ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya.”

” Kita harus bisa mengkolaborasikan sistem pendidikan yang lama dengan yang sekarang. Sebagaimana kaidah ushul fiqih yaitu memelihara tradisi lama yang baik, dan mengambil tradisi baru yang lebih baik” Imbuhnya

Sedangkan Ulin Nuha menyampaikan materi tentang pentingnya tugas kepala madrasah yang harus menjalankan fungsi manajerial dengan baik. Bisa menguasai 4 prinsip manajemen yaitu POAC yakni Planning, Organizing, Actuating, Controlling.

“Tidak mungkin ada pendidikan yang maju tanpa diimbangi dengan kemampuan mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu yg perlu dibenahi dulu adalah SDM nya, disinilah penting adanya revitalisasi peningkatan mutu SDM di madrasah ini, baik dari pendidik maupun tenaga kependidikannya.” Tuturnya

Leave a comment

Your email address will not be published.