Situs Resmi Yayasan Salafiyah Kajen

Yayasan Salafiyah Kajen Ngaji Pasanan Lewat Online

KAJEN – Aktivitas Ramadan di masa pandemi Covid-19 ini memang sedikit berbeda. Meski demikian, tak menyurutkan Yayasan Salafiyah Kajen Kecamatan Margoyoso untuk menyajikan program bermanfaat bagi umat Islam selama bulan puasa ini.

Dengan berinovasi, Yayasan Salafiyah Kajen merubah kegiatan belajar kitab yang semula offline menjadi online. Sebab, di tengah situasi pandemi ini siswa sekolah sudah diliburkan sesuai surat edaran dari pemerintah. Meski secara fisik para santri tidak dapat hadir di Madrasah, namun antusiasme di sosial media begitu luar biasa. Bahkan, tidak hanya siswa sekolah, Alumni dan juga masyarakat umum juga turut menyimak kajian kitab secara daring itu.

Saka Media, sebagai fasilitator menyiarkan secara langsung lewat youtube melalui chanel SAKA media setiap harinya. Dalam pelaksanaan, para Kiyai dari Yayasan Salafiyah turut membawakan kajian dari kitab Arbain Nawawi, Taisirul Kholaq, serta beberapa ceramah keagamaan dengan tema yang berbeda.

Arif Sutoyo, selaku Koordinator Saka media mengatakan, ngaji pasanan ini dimulai sejak 2 Ramadan hingga 20 Ramadan nanti.

“Ngaji posonan merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh yayasan Salafiyah Kajen, maka dalam saat situasi darurat kesehatan karena covid-19 kegiatan ngaji posonan dilakukan secara siaran langsung melalui chanel youtube,” jelas dia.

Dengan adanya ngaji pasanan lewat daring itu, lanjut Arif, diharapkan para santri yang ada di rumah masing-masing masih bisa mengikuti dan melaksanakan ngaji kitab seperti Ramadan sebelum-sebelumnya.

“Intinya tradisi ngaji posonan terus bisa berjalan dan diikuti para santri,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu Alumnus Salafiyah Kajen, Ahmad Shohib, mengatakan jika dengan adanya kajian kitab secara online ini, akan semakin memudahkan alumni untuk mengikutinya.

“Justru dengan via daring ini kami (alumni) bisa ikut ngaji. Saya juga selalu mengikuti kajian kitab dari rumah. Jadwalnya pun saya punya,” kata dia. (Red.Saka-Media)

Leave a comment

Your email address will not be published.